Cara beriklan dengan facebook ads dan instagram

Untuk dapat mempromosikan konten ataupun produk yang kita punya, kita bisa melakukannya dengan berbagai macam cara, promosi melalui internet salah satunya. Media internet menjadi tempat yang paling banyak digunakan dan menjadi lahan potensial untuk beriklan. Salah satu media popular yang banyak dikunjungi dan digunakan yakni facebook dan instagram, tidak heran apabila berikan dengan facebook ads dan instagram menjadi pilihan yang digunakan untuk beriklan di internet.

Facebook business

1 add payment method ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Buat sebuah akun facebook bisnis menggunakan akun facebook yang sudah kita miliki. Untuk membuat akun bisnis, silahkan akses melalui laman facebook for business. Tambahkan metode pembayaran yang akan kita gunakan untuk beriklan, secara umum terdapat dua metode yakni menggunakan kartu kredit dan kupon facebook (meskipun pada beberapa kasus, kita bisa menggunakan paypal).

Sebagai catatan: Jangan lupa atur maksimal jumlah dana yang akan kita gunakan untuk beriklan, jangan sampai melebihi budget yaa! Kalau teman-teman belum punya kartu kredit dan gk mau pakai kartu kredit, coba kartu kredit rasa debit dari Jenius aja!

Ads manager

2 ads business account ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk mulai beriklan, kita perlu membuat sebuah campaign yakni isi atau konten dari produk yang akan kita promosikan. Silahkan buat iklan dengan cara membuat campaign baru.

Marketing objective

3 create new campaign facebook ads ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita harus melakukan spesialisasi terhadap apa yang kita inginkan. Jika kita ingin mendapat banyak klik ke halaman website, pilihlah target consideration – traffic, begitu juga dengan hal lainnya. Dan jangan lupa atur budget yang akan dikeluarkan harian (jangan terlalu banyak).

Potential customer

4 set audience target manually ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Penting juga bagi kita untuk mengenai calon atau konsumen potensial kita. Kita paham bahwasanya tidak semua orang mempunyai keinginan untuk menggunakan produk kita, jadi kita harus berusaha sebaik mungkin menentukan sebenarnya siapa sih potential consumer kita.

Facebook x Instagram

5 choose facebook instagram business ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk beriklan menggunakan Instagram Ads, kita memerlukan akun Instagram for Business yang perlu kita tautkan dengan halaman fans page facebook kita. Silahkan gunakan akun tersebut pada campaign ini jika ingin iklan tayang di halaman instagram kelak.

Campaign review

6 ads in review for verification ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Saat campaign yang sudah kita buat selesai disimpan. Campaign tersebut tidak semerta-merta langsung dipublikasikan. Pihak facebook akan dengan seksama menganalisis isi dari konten tersebut (manual) terlebih pada akun facebook business yang baru dibuat.

Facebook ads tidak disetujui?

7 not approved ads facebook ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Jika akun facebook business yang kita miliki baru saja dibuat terlebih apabila kartu kredit yang digunakan baru ditautkan hal ini akan umum terjadi. Facebook perlu memverifikasi kepemilikan kartu kredit tersebut benar milik kita.

Verifikasi manual

8 confirm credit card request ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Silahkan masukan data verifikasi kartu kredit sesuai identitas yang tertera dan digunakan pada kartu tersebut.

Akun aktif, iklan lancar

10 ads continue running in schedule ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah akun diaktifkan kembali, iklan yang kita buat sebelumnya akan kembali aktif sesuai dengan pengaturan yang sudah kita buat. Oleh karena itu perhatikan budget dan set limit untuk menghindari pengeluaran yang mengerikaann..

Pay the bill

11 pay for the bill lol ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah campaign selesai berlangsung (tayang), pada akun facebook business kita, kita akan mendapat pemberitahuan berupa tagihan beserta tanggal tenggat waktu yang diberikan. Ayo jangan lupa dibayar!

Worth it, kah?

12 campaign result ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Ini pertanyaan yang teman-teman harus jawab sendiri. Namun secara pribadi facebook ataupun instagram ads ini cukup worth it untuk digunakan sebagai media promosi. Meskipun potential consumer sulit didapat, dengan menggunakan media promosi ini, kita bisa dengan rutin melakukan campaign dan branding sesuai target konsumen. Memang cukup mahal, tapi tidak lebih mahal dibandingkan beriklan pada media besar seperti televisi ataupun koran.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara beriklan dengan facebook ads dan instagram
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 160 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *