Cara backup database mysql manual

Database merupakan inti daripada sebuah sistem informasi, tanpanya sebuah sistem informasi tidak akan memiliki knowledge apapun. Hal yang sangat perlu untuk dilakukan seorang database administrator dalam mengelola sistem yang berjalan diantaranya adalah dengan melakukan backup database secara berkala, baik dengan cara otomatis (cron job, schedulling) ataupun dengan cara manual (eksekusi perintah sql).

Backup database mysqldump

backup database command line
Gambar oleh: ngaret.com

Jika kamu memilik akses langsung ke dalam database sistem kamu dapat dengan mudah melakukan backup dengan cara mengeksekusi perintah mysqldump. Perintah tersebut diantaranya berguna untuk melakukan backup (export) database mysql. Untuk melakukan hal ini, eksekusi perintah mysqldump dengan cara:

Kamu hanya perlu menyesuaikan parameter yang digunakan sesuai dengan database yang kamu miliki. Kamu memerlukan akses ke dalam database kamu dengan otoritas akses level tinggi (mempunyai otoritas untuk melakukan backup). Ekstensi hasil backup dapat berupa ekstensi apapaun selama ekstensi tersebut valid (standar) , serta dapat disesuaikan dengan target penyimpanan atau penggunaan selanjutnya (misal .csv, .xls, dsb).

Backup database export phpmyadmin

backup database export
Gambar oleh: ngaret.com

Kamu juga bisa melakukan backup database mysql menggunakan aplikasi pihak ketiga manajemen database seperti phpmyadmin. Pada phpmyadmin proses backup dilakukan dengan cara melakukan export database dalam sesuai dengan ketentuan yang diinginkan.

Untuk melakukan export database, pilih database yang akan di-export lalu pilih menu export dan metode export yang akan digunakan (disarankan quick) lalu tekan tombol go untuk melanjutkan proses backup. Proses ini berlangsung relatif, tergantung ukuran database yang dimiliki. Namun jika terlampau terlalu besar, proses ini cenderung akan dibatalkan otomatis (dari sisi server, limit time-out).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara backup database mysql manual
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 262 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *