Cara Backup dan Restore Komputer menggunakan utilitas System Image Backup Recovery

Kestabilan sebuah sistem merupakan hal penting yang selalu menjadi salah satu kunci dari keberhasilan sebuah sistem. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa, sebuah sistem yang baik adalah sebuah sistem yang memiliki tingkat efisiensi tinggi (jarang down). Sama pula halnya dengan sebuah Server, sebuah komputer personal juga memiliki faktor ini, tentu saja dengan tingkat efisiensi yang berbeda.

Namun setidaknya sebuah komputer personal merupakan aset penting bagi penggunanya, oleh karena itu diperlukan efisiensi yang besar juga bagi komputer ini. Terkadang banyak sekali hal yang tidak diinginkan menimpa komputer personal kita, sebut saja serangan virus, data corruption, dan sebagainya. Oleh karena itu diperlukan langkah antisipasi untuk mencegah hal ini, melakukan backup dan restore.

Langkah melakukan Backup komputer menggunakan utilitas System Image Backup

System image backup and Recovery
Gambar oleh: ngaret.com
  • Untuk melakukan backup sistem komputer anda, silahkan buka Control Panel> System and Security>File History, lalu pilih System Image Backup pada bagian kiri bawah menu File History.
Where do you want to save the backup
Gambar oleh: ngaret.com
  • Selanjutnya akan muncul dialog pernyataan, dimana posisi hasil backup tersebut akan disimpan. Simpan hasil backup tersebut pada partisi hard disk yang kosong. Lalu tekan tombol Next.
Select another drive to include
Gambar oleh: ngaret.com
  • Selanjutnya pilih partisi hard disk lain yang akan anda back up, dengan cara mencentang pada kolom partisi yang telah tersedia, abaikan bagian ini apabila anda hanya ingin mem-backup sistem komputer anda saja ( Sistem Operasi ), dalam kasus ini sistem operasi diinstal pada partisi C:.
Confirm backup
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah itu, anda akan diminta untuk mengkonfirmasi hasil pengaturan backup yang telah dilakukan pada langkah sebelumnya, jika pengaturan sudah benar, tekan tombol Start backup.
Proccessing the backup
Gambar oleh: ngaret.com
  • Sistem akan membuat backup anda secara otomatis, dalam proses ini anda hanya perlu menunggu hingga proses pembuatan backup selesai.
Backup completed
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses backup berhasil, akan muncul pesan The backup completed successfully, tekan tombol Close untuk kembali.
Backup result
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses backup berhasil dilakukan, maka pada partisi hard disk atau pada tempat penyimpanan backup yang sebelumnya sudah diatur, akan muncul sebuah folder baru bernama WindowsImageBackup, folder ini adalah folder yang berisikan seluruh data yang sudah dibackup pada komputer anda sebelumnya.

Kapanpun anda ingin mengatur ulang komputer anda seperti sedia kala ( Saat dibackup ), anda cukup melakukan restore hasil backup anda.

Langkah-langkah melakukan Restore komputer menggunakan utilitas System Recovery

System image backup and Recovery
Gambar oleh: ngaret.com
  • Untuk melakukan restore sistem komputer anda, silahkan buka Control Panel> System and Security>File History, lalu pilih Recovery pada bagian kiri bawah menu File History.
Open system restore
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pilih menu Open System Restore untuk mengembalikan komputer anda berdasarkan hasil backup yang telah dibuat.
Selected date and time backup
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pilih hasil backup mana yang akan digunakan dengan cara, centang dialog Show more restore points, lalu pilih hasil backup yang telah dibuat dengan type Backup, dan sesuaikan tanggal dan waktunya, untuk keterangan lebih lanjut bisa disesuaikan, karena backup tersebut dibuat melalui utilitas System Image Backup, maka pilihlah description yang sesuai, lalu tekan tombol Next.
Confirm restore point
Gambar oleh: ngaret.com
  • Selanjutnya anda akan ditujukan pada dialog konfirmasi restore point yang sudah dipilih, jika sudah benar sesuai dengan backup yang telah dibuat, tekan tombol Finish.

Catatan :

  • Saat melakukan backup, pastikan anda tidak sedang mengerjakan berbagai aktifitas di komputer anda, hal ini akan mempengaruhi terhadap hasil backup yang anda buat.
  • Pastikan kapasitas hard disk atau media penyimpanan anda mencukupi untuk melakukan backup dan restore ini.
  • Perlu diperhatikan, apabila anda melakukan restore, maka seluruh perubahan yang terjadi di dalam komputer anda akan kembali seperti sedia kala, saat dibackup. Dengan kata lain, seluruh data yang telah anda buat pada partisi yang and restore akan hilang atau lebih tepatnya replaced. Jadi, amankan data anda sebelum melakukan restore ini.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Backup dan Restore Komputer menggunakan utilitas System Image Backup Recovery
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 1,127 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *