Cara aktivasi ssl comodo positive namecheap

Saat kita membeli ssl dari penyedia ssl berbayar seperti namecheap, tidak kemudian ssl kita akan terpasang dengan sendirinya. Kita perlu untuk melakukan aktivasi ssl tersebut layaknya kita menggunakan sim card telepon seluler.

Certificate Signing Request

copy private csr key
Gambar oleh: ngaret.com

Kita memerlukan CSR yang merupakan kode panjang untuk melakukan validasi bahwa ssl tersebut akan digunakan pada domain yang kita miliki dan merupakan milik kita.

csr generator
Gambar oleh: ngaret.com

Secara umum aktivasi ssl ini perlu dilakukan di sebuah server, namun Namecheap menyediakan tools yang memudahkan kita untuk membuat kode tersebut, [Visit].

fill the information required
Gambar oleh: ngaret.com

Isi informasi yang dibutuhkan untuk memulai inisiasi aktivasi ssl yang kita miliki dengan mengisi csr, dan jenis server yang kita gunakan.

Domain Control Validation

domain control validation dcv
Gambar oleh: ngaret.com

Langkah selanjutnya adalah memilih metode validasi yang akan kita gunakan. Setidaknya tersedia 3 cara validasi yang dapat kita gunakan untuk melakukan validasi ini yakni: Email, HTTP, dan DNS.

download dcv file
Gambar oleh: ngaret.com

Mekanisme validasi DCV adalah dengan menggunakan sebuah file yang selanjutnya akan diupload ke server tempat website kita berada (jika kita menggunakan metode email).

upload file validation
Gambar oleh: ngaret.com

Dalam hal ini penyedia ssl perlu memastikan bahwa ssl yang didaftarkan untuk domain tersebut merupakan domain milik kita.

check the file exists
Gambar oleh: ngaret.com

Pastikan file terserbut dapat diakses melalui nama domain kita karena provider akan melakukannya demikian.

Company Contact

company contacts
Gambar oleh: ngaret.com

Kita juga perlu untuk mengisi informasi kontak mengenai kepemilikan ssl tersebut. Pastikan kontak yang kita masukan merupakan informasi yang sebenar-benarnya untuk menghindari dan membantu jika ada hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Last but not least

issued certificate valid
Gambar oleh: ngaret.com

Tunggu hingga status sertifikat kita berubah dari yang sebelumnya not activated, lalu menjadi issued. Hingga tahap ini kita berhasil memastikan bahwa ssl tersebut merupakan milik kita, selanjutnya kita perlu untuk memasang ssl tersebut pada website agar website dapat diakses melalui protokol https.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara aktivasi ssl comodo positive namecheap
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 283 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

2 thoughts on “Cara aktivasi ssl comodo positive namecheap

    1. Secara umum perbedaannya ada pada algoritma yang digunakan dan jenis ssl nya. Kalau SSL nya yang ‘superior’ kita bisa pakai nama perusahaan yang kita sendiri (nanti muncul di green bar). Btw, ciee mampir juga ke ‘hatiku’ hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *