Bagaimana cara menjadi android developer?

Menjadi Pengembang aplikasi android memang menjadi daya tarik tersendiri. selain menguntungkan dari segi finansial, pengguna paltform android juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Penasaran dan ingin tahu bagaimana cara menjadi android developer?

Mengapa Harus Aplikasi Android?

Android merupakan salah satu Sistem Operasi smartphone yang paling popular saat ini. Selain itu menurut Interntional Data Coporation (IDC), pada periode 2016, android mendominasi market share dunia dengan 86.2%. Dari sini bisa kita lihat, bahwa kemungkinan besar android memiliki kepopularan dalam jangka yang cukup panjang.

tabel penggunaan perangkat 2016
Gambar oleh: 9to5mac

Tabel via 9to5Mac

Pada dasarnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai karir di bidang Pengembangan Aplikasi Android. Menjadi seorang Android Developer memang bukan hal mudah. Namun, bukan pula hal mustahil selama ada tekad dan kemauan. Terus belajar menjadi satu kunci yang tidak boleh ditinggalkan. Pasalnya teknologi akan terus berkembang yang artinya semakin banyak informasi yang harus digali.

Berikut beberapa tips untuk menjadi Android Developer

Pelajari Bahasa Pemrograman

1. Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan aplikasi android secara native/bawaan asli dari android. Bahasa ini merupakan skill pertama yang wajib dikuasai oleh pengembang aplikasi android. Kebanyakan orang langsung membuat coding java untuk android lalu mengalami kesulitan. Oleh karena itu, lebih baik mempelajari dan memahami java terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi android.

2. XML(eXtensible Markup Language)

XML merupakan bahasa markup yang digunakan untuk mendeskripsikan data. Dengan mempelajari sintak-sintak dasar XML akan membantu dan mempermudah dalam pengembangan aplikasi android seperti merancang layout tata letak antarmuka pengguna(UI) dan parsing data dari internet.

3. SQL(Structured Programming Language)

SQL juga merupakan hal yang harus dipelajari untuk mengatur database dalam aplikasi android. SQL merupakan bahasa ekspresi query untuk mengambil informasi dari database.

Referensi

Untuk menjadi developer yang baik tentunya kita harus selalu update tentang informasi di dunia android, dengan berbagai cara misalnya mengunjungi beberapa situs website yang menyediakan sumber-sumber informasi terbaru. Mengikuti suatu komunitas, forum atau kursus baik secara offline maupun online dan saling bertukar pikiran dengan developer lainnya.

Tools untuk membuat aplikasi

Dalam pengembangan aplikasi android ada dua tools yang sering digunakan yaitu Android Studi dan Eclipse. Namun Google telah menjadikan Android Studio sebagai IDE resmi dalam mengembangkan aplikasi Android. Selain itu Android Studio merupakan pengembangan dari Eclipse, sehingga memiliki banyak fitur-fitur yang lebih baru dibanding Eclipse. Namun untuk menjalankan Android Studio, komputer kita harus memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Memahami Arsitektur Android

Dalam membuat aplikasi android tentunya ada aturan yang harus dipahami. Misalnya desain, komponen, pattern, dan masih banyak lagi. Untuk itu ada baiknya bila mengawali dengan memahami apa itu android dan cara mengembangkan desainnya.

Soft Skills

Soft Skills ini dibutuhkan untuk membantu kita dalam mengembangkan keahlian sebagai Android Developer.

1. Ketekunan

Dalam melakukan suatu hal, tentunya kita tidak akan langsung berhasil. Begitupun dalam pengembangan aplikasi android, kita akan menemui banyak hambatan apalagi ketika memulai pertama kali. Perlu keteguhan hati yang kuat untuk tetap belajar dan mengatasi masa-masa sulit ini. Namun karena Android merupakan open source, kita dapat memanfaatkan library-libray dan framework yang ada github.

2. Kolaborasi

Kolaborasi sangat penting bagi kebanyakan pekerjaan developer. Sekalipun kita bekerja sendiri dalam sebuah proyek, pastinya harus berurusan dengan orang lain seperti perancang, atau manajemen projek di perusahaan atau organisasi, dll. Mulailah merasa nyaman dengan bekerjasama dengan rekan kerja lain untuk menciptakan produk yang luar biasa.

3. Haus akan pengetahuan

Sebagai Developer tentunya harus selalu update mengenai perkembangan teknologi. Hal ini membuat para developer baik itu mobile atau lainnya berkomitmen untuk tetap belajar.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjadi seorang Android Developer. Semoga Bermanfaat 🙂

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bagaimana cara menjadi android developer?
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 70 times, 1 visits today)
Yayan Heryanto
News Reporter
There is no better way to learn something than by doing.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *