7 langkah mudah cara instal zoho free mail hosting

Berbeda dengan penyedia layanan email gratis seperti gmail, yahoo, dsb. Free mail hosting merupakan host tempat mengelola layanan pesan elektronik (email) yang dapat menggunakan alamat email pribadi dengan domain pribadi. Misalnya saja: admin@gurisa.com yang mana admin adalah nama pengguna email dan gurisa.com adalah nama domain TLD (top level domain) khusus.

Layanan mail hosting seperti G-Suite (dari Google) umumnya merupakan layanan berbayar yang biayanya cukup lumayan mahal untuk sekadar uji coba. Terdapat alternatif dari mail hosting berbayar tersebut yakni mail hosting gratis seperti Zoho ataupun Yandex.

Daftar zoho

add phone number
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menggunakan layanan zoho mail hosting kita perlu melakukan registrasi dan menautkan nomor telepon.

choose services
Gambar oleh: ngaret.com

Pilih layanan mail yang akan digunakan. Jika kita ingin membuat akun email dari zoho.com pilih username, jika ingin menggunakan domain sendiri pilih add your exsisting domain for email hosting.

Tambah dan verifikasi domain

add domain to zoho
Gambar oleh: ngaret.com

Tambahkan domain dan verifikasi kepemilikan domain tersebut merupakan milik anda.

verify domain name on zoho
Gambar oleh: ngaret.com

Terdapat tiga metode yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi domain. Menggunakan CNAME record, TXT record dan upload file HTML. Dua cara pertama dilakukan dengan cara menambahkan CNAME/TXT record pada DNS Editor tempat hosting atau server berada.

verify method upload file
Gambar oleh: ngaret.com

Cara terakhir dan yang paling sederhana adalah dengan melakukan upload file verifikasi ke direktori tempat domain berada (web hosting).

Tambahkan email

add first email administrator account
Gambar oleh: ngaret.com

Tambahkan akun (username) yang merupakan alamat email administrator kepemilikan akun zoho.

add more user email account
Gambar oleh: ngaret.com

Kita juga bisa menambahkan user (alamat email lain) untuk digunakan.
Sebagai catatan zoho membatasi maksimal 25 akun email untuk layanan gratisnya. Jika lebih dari itu, silahkan upgrade ke layanan bisnis agar hasilnya lebih maksimal!

Gabungkan user

add user groups
Gambar oleh: ngaret.com

Jika kita merasa penggunaan alamat email pada domain kita berada pada beberapa segment berbeda, kita bisa membagi segment email kita menjadi beberapa divisi (grup).

MX Record

setting mx record
Gambar oleh: ngaret.com

Meskipun domain kita sudah diverifikasi, domain tersebut belum bisa langsung digunakan hingga kita menambahkan MX record pada DNS kita.

add mx record to dns zone editor
Gambar oleh: ngaret.com

Sejatinya MX record digunakan untuk memberitahu bahwa layanan email bisa digunakan dan akan dialihkan ke record tersebut. Pada kasus zoho, zoho tidak memperkenankan ada MX record lain pada DNS kita. Jadi pastikan tidak ada MX record lain selain MX record yang disediakan zoho.

SPF Record

add spf record
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menambahkan tingkat kepercayaan email kita, kita bisa menambahkan SPF record pada DNS.

add spf record to dns zone editor
Gambar oleh: ngaret.com

Kita bisa menambahkan SPF record dengan cara menambahkan TXT record dan Value nya sesuai dengan keterangan yang diberikan zoho.
Sebagai catatan, jika SPF record tidak ditambahkan email kita kerap kali masuk ke kotak spam (karena dianggap tidak terpercaya kepemilikannya).

DKIM Record

add dkim record
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk lebih memperkuat kepemilikan domain kita, kita bisa menambahkan DKIM Record pada DNS dengan cara menambahkan TXT Record dan Value yang sudah diberikan dari zoho. Sejatinya kita bisa memilih untuk hanya menambahkan salah satu antara SPF atau RKIM Record.

Migrasi email dan Apps

migrate mail account
Gambar oleh: ngaret.com

Zoho menyediakan fasilitas untuk melakukan migrasi email dari kontak (daftar email). Jika tidak ada, kita bisa skip saja pilihan tersebut.

use mobile app zoho
Gambar oleh: ngaret.com

Zoho menyediakan aplikasi mobile yang bisa memudahkan kita dalam mengelola email baik sebagai administrator dari email tersebut ataupun pengguna (client) email.

Testing

send email from zoho
Gambar oleh: ngaret.com

Inilah waktu yang ditunggu-tunggu. Jika pengaturan dan konfigurasi alamat email kita sudah benar, kita bisa melakukan pengiriman dan penerimaan email menggunakan alamat email pribadi tersebut.

retrieve email on zoho
Gambar oleh: ngaret.com

Pastikan baik proses pengiriman dan penerimaan email berjalan lancar dan email tidak masuk ke dalam kotak spam.

receive email from zoho
Gambar oleh: ngaret.com

Sebagai catatan, jika sebelumnya kita tidak menambahkan SPF atau DKIM Record email mungkin saja terkirim, namun email bisa saja masuk ke kotak spam atau bahkan dianggap tidak aman (warna merah).

Summary
Review Date
Reviewed Item
7 langkah mudah cara instal zoho free mail hosting
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 115 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *