5 shortcut pada window yang wajib kamu ketahui bagian 1

Shortcut atau “jalan pintas” merupakan cara cepat untuk mengakses sesuatu, dalam hal ini fitur, akses, file atau apapun yang dapat kamu peroleh dari suatu sistem. Setiap sistem memiliki ketentuannya masing-masing dalam penggunaan shortcut, pada sistem A shortcut A1 bisa untuk mengakses menu X, tapi hal ini belum tentu berlaku pada sistem B misalnya.

Berikut ini kami sajikan informasi mengenai shortcut penting yang wajib kamu ketahui, tentu saja versi ngaret hehe

Rename F2

Gambar oleh: ngaret.com

Untuk mengubah nama file atau folder pada komputer dengan cepat, kamu dapat melakukannya dengan cara memilih file atau folder yang akan diubah lalu menekan tombol F2 pada keyboard. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk mengingkatkan efisiensi waktu dalam bekerja dengan file atau folder.

Keyboard right click

Gambar oleh: ngaret.com

Kalau suatu saat mouse kamu rusak tidak bisa menekan tombol klik kanan atau kiri, kamu tidak perlu khawatir! Kamu masih tetap bisa menggunakan komputer kamu dengan menggunakan keyboard. Untuk mengakses atau menggantikan fitur klik kanan pada mouse, kamu dapat menekan tombol task-pane yang terletak di sebelah tombol alt atau ctrl keyboard kamu, sedangkan untuk klik kiri atau konfirmasi aksi pada mouse kamu, dapat kamu gantikan dengan menekan tombol enter.

System property

Gambar oleh: ngaret.com

Teman kamu sering bertanya, ‘Spesifikasi komputer/laptop kamu berapa?’ Kalau kamu lupa, kamu dapat memeriksanya langsung melalui komputer kamu dengan cara menakan tombol Window (icon jendela) + Pause break pada keyboard kamu, dengan menekan tombol tersebut kamu dapat mengakses dialog system property yang berisikan informasi mengenai spesifikasi teknis komputer/laptop kamu.

Run directly

Gambar oleh: ngaret.com

Kamu malas untuk mengakses aplikasi yang tidak terdapat pada start menu atau pada desktop shortcut komputer kamu? Kamu bisa lho mengaksesnya langsung melalui menu Run. Untuk melakukan hal tersebut, buka menu Run pada komputer dengan cara menekan tombol Window + R untuk membuka menu run lalu ketikan perintah yang ingin kamu eksekusi.

Sebagai contoh jika kamu ingin membuka aplikasi notepad, kamu cukup ketikan notepad. Jika kamu ingin mengakses aplikasi Microsoft Word, kamu dapat mengetikan winword. Kamu dapat membuka dan menjalankan perintah melalui menu ini, misalkan kamu ingin mengeksekusi perintah pada cmd, kamu dapat langsung mengetikannya pada menu run dan dengan otomatis perintah tersebut akan dieksekusi (parameter command).

Task manager shortcut

Gambar oleh: ngaret.com

Task manager merupakan aplikasi default yang disediakan pada sistem operasi window untuk memantau aktivitas aplikasi lain yang berjalan pada komputer. Untuk mengakses menu ini, kamu dapat mengaksesnya langsung dengan cara menekan tombol ctrl + alt + del. Selain itu, shortcut tersebut juga biasa digunakan untuk melakukan soft-restart pada komputer.

Summary
Review Date
Reviewed Item
5 shortcut pada window yang wajib kamu ketahui bagian 1
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 54 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *