4 cara membuat website wordpress dengan mudah

WordPress merupakan CMS yang memiliki segudang fitur menjanjikan yang dapat digunakan secara gratis ataupun berbayar. WordPress menjadi salah satu CMS (content management system) yang sangat popular karena dapat digunakan dan didistribusikan dengan bebas. Selain itu, salah satu hal yang membuat wordpress sangat digemari adalah karena kemudahannya dalam instalasi hingga pengelolaannya, berikut 4 cara membuat website wordpress yang ngaret rangkum khusus untuk kamu.

WordPress Blog

wordpress blog
Gambar oleh: ngaret.com

Salah satu cara yang dapat digunakan serta merupakan cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk mempunyai sebuah situs wordpress adalah dengan mendaftar langsung ke platform WordPress (Blog). Karena seperti yang kita ketahui bahwa awal mulanya wordpress memang didedikasikan sebagai platform untuk blog seperti layaknya blogger milik Google.

Auto Installer

softacolous installer
Gambar oleh: ngaret.com

Platform blog wordpress.com memiliki kekurangan yang signifikan yakni tidak dapat dilakukan modifikasi yang spesifik terhadap website wordpress yang kamu miliki. Seluruh peralatan (tools) di dalamnya tidak dapat dimaksimalkan dengan baik.

Jika kamu sudah memiliki sebuah hosting dengan control panel yang memiliki fitur auto-installer seperti softaculouos ataupun sentastico, maka kamu dapat menggunakannya dengan mudah untuk membuat website wordpress. Cukup lakukan 1 klik untuk membuat website wordpress kamu, dan voilla!

Script Installer

scrip installer wordpress
Gambar oleh: ngaret.com

Kamu harus memiliki otoritas lebih tinggi seperti memiliki server pribadi sendiri (VPS) untuk dapat melakukan cara ini. Salah satu script installer yang dapat kamu gunakan adalah easy-engine yang memungkinkan kamu memasang wordpress secara otomatis beserta dengan beberapa fitur tambahan seperti cache dengan 1 baris perintah.

WordPress Install

Langkah terakhir dan merupakan langkah yang paling menarik untuk dilakukan adalah dengan cara menginstall wordpress secara manual, yakni melakukan download file wordpress terlebih dahulu di situs resminya (wordpress.org) lalu mengupload file tersebut ke web hosting atau server yang kamu miliki, lalu selanjutnya melakukan proses instalasi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang kamu inginkan.

Cara ini merupakan cara konvensional dan cara yang paling direkomendasikan oleh wordpress. Selain memungkinkan kamu untuk mengetahui proses instalasi step-by-step kamu juga dapat melakukan customize terhadap situs wordpress kamu sendiri.

Summary
Review Date
Reviewed Item
4 cara membuat website wordpress dengan mudah
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 76 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *