4 cara cepat membuat halaman berbeda posisi dan jenis Microsoft Word

Terkadang dokumen yang kita buat memiliki banyak pola yang berbeda dan unik, misalnya saja kita memerlukan halaman berbeda posisi dan jenis untuk setiap halamannya ataupun ukuran dan warna yang berbeda pula. Penasaran ingin tahu bagaimana cara membuatnya?

Siapkan dokumen

show paragraph
Gambar oleh: ngaret.com

Sebelumnya kita perlu untuk mempersiapkan dokumen yang akan kita gunakan. Buka dokumen tersebut lalu aktifkan menu paragraph dengan cara menekan icon p atau dengan shortcut Ctrl+* pada microsoft word. Dengan menggunakan menu tersebut kita dalam melihat aktivitas formatting yang kita lakukan di dokumen kita.

Buat halaman

create new page number
Gambar oleh: ngaret.com

Buat halaman sesuai dengan posisi yang kita inginkan, di atas, bawah atau posisi lainnya dengan cara double-click pada bagian header atau footer dokumen kita (atas atau bawah). Cara lain yang bisa dilakukan adalah akses menu tersebut melalui Insert lalu pilih header atau footer selanjutnya pilih sub-menu edit.

same position number
Gambar oleh: ngaret.com

Seharusnya sekarang kita bisa melihat halaman dengan pengaturan yang sudah kita buat, dalam kasus ini saya membuat halaman berada di posisi kanan-bawah.

Halaman berbeda

page layout page section
Gambar oleh: ngaret.com

Bagaimana kondisinya jika kita ingin membuat posisi halaman yang berbeda? atau bahkan jika kita ingin membuat huruf dan jenis nomor halaman yang berbeda?

different page section
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk melakukan hal tersebut kita harus membuat halaman terpisah terlebih dahulu, ciee jomblo. Akses menu page layout lalu pilih menu breaks dan pilih sub-menu next-page untuk memisahkan halaman saat ini (posisi kursor) dengan halaman berikutnya. Kita akan melihat section yang berbeda saat mengakses menu header ataupun footer (ditandai dengan angka berurut 1, 2,..,dst.)

Atur-atur

uncheck link to previous
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk membuat posisi halaman yang berbeda, kita perlu memutuskan hubungan yang sudah dibuat secara otomatis saat membuat daftar halaman, lagi-lagi putus 🙁

Lakukan dengan cara menyortir (sorot dengan mouse) nomor halaman yang ingin kita pisahkan lalu pada menu header & footer tekan tombol Link to previous dan langkah terakhir hapus nomor halaman tersebut. Jika kita tidak terlebih dahulu menghapus link ke halaman sebelumnya, nomor halaman pada halaman sebelumnya akan ikut terhapus juga (kita tidak menginginkan ini).

different position page number
Gambar oleh: ngaret.com

Selanjutnya kita bisa membuat variasi nomor halaman yang diinginkan. Misalnya jika ingin membuat posisi halaman yang berbeda kita cukup memilih posisi halaman yang berbeda (atas atau bawah), dan (kiri, tengah atau kanan).

different position and type
Gambar oleh: ngaret.com

Atau, misalnya saja kita ingin membuat jenis nomor halaman yang berbeda (huruf romawi, ada tanda baca lain, dsb). Kita bisa melakukannya dengan cara mengubah format page number yang bisa diakses pada menu page number.

Summary
Review Date
Reviewed Item
4 cara cepat membuat halaman berbeda posisi dan jenis Microsoft Word
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 69 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *