3 tahap membuat skema relasi menggunakan Microsoft Visio

Skema Relasi atau Diagram Relasi adalah hasil abstraksi dari Entity Relationship Diagram. ERD akan diterjemahkan menjadi diagram relasi atau skema relasi dengan aturan yang seharusnya. Misalnya saja, pada ERD atribut data masih berupa gambar balon komentar (abstrak) sedangkan pada skema relasi atau diagram relasi atribut dijelaskan lebih rinci yakni dengan dituliskan semuanya dalam satu kelompok yang dikenal dengan tabel.

Buat tabel

add table key attribute ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Buat dan terjemahkan lebih dahulu entitas dan relasi yang telah dibuat sebelumnya pada ERD. Secara umum terdapat dua hal yang dapat diterjemahkan ke dalam sebuah tabel, yakni: Entitas (gambar kotak) dan Relasi (gambar belah ketupat).

Entitas dan Relasi

Entitas akan diterjemahkan dan pasti diterjemahkan menjadi sebuah tabel. Misalnya saja entitas Pegawai akan diterjemahkan menjadi tabel Pegawai (nama tabel bisa berubah, namun lebih semantic apabila mengikuti nama pada entitas).

all available table ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Sedangkan relasi, tidak selalu diterjemahkan menjadi sebuah tabel. Relasi hanya akan diterjemahkan menjadi sebuah tabel (dikenal dengan tabel hasil relasi) apabila relasi tersebut berderajat (memiliki kardinalitas) many to many (N-N).

Misalnya saja, Relasi Menu – Pesanan dinamai dengan Pesanan Detil. Nah Relasi ini seyogyanya akan menjadi sebuah tabel baru saat dibuat Skema Relasinya. Mengapa demikian? Pada dasarnya relasi yang berderajat N-N merupakan relasi yang biasanya akan memunculkan atribut (dalam kasus ini: jumlah pesanan, dan status pesanan). Jika derajat relasi 1-1 atau 1-N, atribut tersebut bisa disimpan di salah satu entitas (tabel) baik di sebelah kiri ataupun kanan (umumnya di derajat terbesar, N).

Hubungkan!

add association relation ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Skema relasi yang kita buat tidak akan berarti apa-apa jika tidak dihubungkan (jomblo biasanya gk akan ngerti). Hubungkan sesuai dengan key (kunci) yang muncul berdasarkan atribut yang ada (kita yang menentukan sendiri kuncinya apa.

Kunci

Secara umum terdapat dua jenis kunci yang ada pada skema relasi yakni: Primary key, dan foreign key.

Primary key merupakan kunci yang hanya terdapat satu dan hanya satu pada satu tabel. Meskipun demikian, primary key bisa terdiri dari satu atau lebih atribut (misalnya atribut tanggal dan bulan mau dijadiin primary key).

Foreign key adalah kunci yang menjadi relasi antara satu tabel dengan tabel lainnya. Foreign key menunjukan relasi yang terjadi dan biasanya derajat relasi itu sendiri.

Summary
Review Date
Reviewed Item
3 tahap membuat skema relasi (diagram relasi)
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 1,468 times, 8 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *