3 langkah mudah melakukan konfigurasi virtual host apache xampp

Kita bisa melakukan pengaturan lokasi program aplikasi web dan menyesuaikan domain yang kita miliki dengan cara melakukan konfigurasi virtual host. Virtual host sesuai merupakan teknologi yang memungkinkan kita menyimpan folder web (paket program seperti wordpress, laravel, dsb) pada lokasi yang kita inginkan. (tidak harus public_html atau htdocs, namun biasanya demikian) Tidak hanya itu, virtual host juga memungkinkan kita bisa memiliki banyak website (domain dan subdomain) pada satu server.

Tanpa virtual host

directory listing index folder htdocs xampp ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Sebenarnya, ada apa sih dengan pengaturan virtual host ini? Apa yang membuatnya hebat? atau kenapa kita harus mengatur konfigurasi virtual host ini?

Tanpa menggunakan virtual host, saat pertama kali kita mengakses domain, kita tidak akan diarahkan ke halaman web yang kita inginkan. Melainkan ke halaman default tempat root folder pengaturan web server yang kita gunakan, ini permasalahan yang pertama.

default access laravel proect trough public folder ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Permasalahan selanjutnya adalah mengenai keamanan dan keindahan.

Jika teman-teman membangun aplikasi web menggunakan framework seperti laravel kita wajib melakukan konfigurasi ini untuk menghindari masalah keamanan. Misalnya saja pada aplikasi web yang dibangun menggunakan laravel, lokasi yang harusnya diakses pertama kali adalah pada folder /public/. Maka kita harus mengarahkan (pointing) default path untuk aplikasi web ini ke folder tersebut.

Terlebih, jika dilihat dari nilai SEO (search engine optimization) url/link atau alamat untuk mengakses website kita jadi lebih panjang apabila tidak kita arahkan. Dan hal ini merupakan hal yang kurang baik dari faktor-SEO, bayangkan jika ada slug url 3-langkah-mudah-melakukan-konfigurasi-virtual-host-apache, berapa banyak kata yang terdapat pada url nantinya?.

Buka konfigurasi

open apache virtual host configuration ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setiap web server memiliki cara dan struktur yang berbeda-beda, seperti pola penulisan, tag, dsb. Pada web server apache, kita bisa mengatur konfigurasi virtual host pada file konfigurasi httpd-vhost.conf yang terletak pada folder apache/conf/extra (lokasi pengaturan bisa berbeda sesuai dengan versi dan sistem operasi yang digunakan).

Konfigurasi virtual host

add new virtual host configuration ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita harus menambahkan konfigurasi virtual host website pada file virtual host. File virtual host ini sudah ditentukan oleh web server (meskipun bisa kita ubah sebenarnya). Bagian yang penting pada file virtual host ini adalah DocumentRoot yang menyatakan lokasi web dan ServerName yang menyatakan nama domain.

Pada contoh ini, program atau aplikasi web yang digunakan merupakan program yang dibuat menggunakan framework laravel. Oleh karena laravel mengharuskan akses hanya melalui folder public, maka arahkan pengaturan ke folder public, yakni: nama_folder/public/

Setelah menambahkan pengaturan, simpan perubahan file pengaturan tersebut lalu restart web server untuk mengaktifkan perubahan yang telah dibuat. (jika tidak di-restart tidak akan berubah)

Lihat.. lihat..

direct access trough domain host ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah pengaturan berhasil dibuat, kita bisa mengakses web melalui domain secara langsung. (tentu saja domain harus di-pointing terlebih dahulu) Pengaturan virtual host sangat bermanfaat memudahkan kita dalam mengingat alamat lokasi website dan meningkatkan faktor SEO kita.

Summary
Review Date
Reviewed Item
3 langkah mudah melakukan konfigurasi virtual host
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 121 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *