3 langkah mudah berbagi pakai sharing printer

Sharing printer? Ini flash disk-nya, tolong print-in dokumen x ya. Itulah percakapan singkat yang saya alami saat sedang asik-asiknya seruput kopi di malam hari itu. Please deh, jangan jadi orang paling susah sedunia! Udah ada jaringan lokal dan internet, kenapa masih susah juga hidup kita? Maksudnya bagaimana? sharing donk printernya!

Di zaman yang serba canggih ini, dimana wifi bertebaran dimana-mana, tombol-tombol usang digantikan oleh layar sentuh, mau apapun tinggal click! Manfaatkan fasilitas yang ada, bukan untuk bermalas-malasan tapi lebih kepada memudahkan manusia (kita, bukan monyet).

Ini dia 3 langkah mudah untuk sharing printer kamu (window users)!

hardware-and-sound-ngaret-com
Gambar oleh: ngaret.com

1. Buka control panel > view devices and printer

sharing-printer-ngaret-com
Gambar oleh: ngaret.com

2. Pada perangkat (printer) yang ingin kamu share, klik kanan lalu pilih printer properitessharing > centang kolom share this printer > tekan tombol apply.

add-printer-ngaret-com
Gambar oleh: ngaret.com

3. Pada komputer yang ingin mengakses sumber daya (printer) masuk ke control panel > hardware and sound > device and printers. Lalu tambahkan printer dengan cara pilih tombol add printer, lalu tunggu proses scanning printer berjalan. Jika tidak terdeteksi, deteksi dengan cara manual menggunakan metode select a shared printer by name.

Cukup tuliskan:

Tekan tombol next jika sudah selesai dan tunggu proses instalasi driver printer yang diperoleh dari sumber daya printer (induk).

 

Catatan:

  • Tidak diperlukan keahlian khusus untuk melakukan hal ini, cukup baca dan ikuti instruksi yang tersedia.
  • Pastikan perangkat pemberdaya (induk) dan perangkat yang hendak mengakses printer sudah terhubung local ataupun global.
  • Sangat disarankan perangkat induk menggunakan pengaturan ip-static, agar tidak perlu melakukan pengaturan yang berulang hanya untuk mengakses printer yang sama.

 

Konklusi

Hidup jangan dibuat sulit sendiri, nikmati setiap waktunya untuk hal-hal yang berharga bagi kamu; jangan melulu mengurusi gadget, dan antek-anteknya itu! Seperti kata Goddard berikut ini:

Let the machine take care of the machines;
and i’ll go spend more time with my family, or golf.
Mark Goddard~

Summary
Review Date
Reviewed Item
3 langkah mudah berbagi pakai (sharing) printer
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 348 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

1 thought on “3 langkah mudah berbagi pakai sharing printer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *