3 cara mudah mengakses server linux dan window

Tidak berbeda dengan mengakses komputer atau host biasa. Untuk bisa mengakses server atau komputer peladen kita membutuhkan beberapa faktor penting, diantaranya konektivitas, akses dan peralatan.

Konektivitas dan akses merupakan hal yang jelas nyatanya diperlukan. Jika kita ingin mengakses server yang ada di internet, tentu saja kita membutuhkan konektivitas online, dan membutuhkan akses (login username dan password) ke server tersebut.

Bagaimana halnya dengan peralatan? Berikut 3 cara menggunakan peralatan dengan mudah versi ngaret untuk mengakses server linux ataupun window.

Desktop access

desktop terminal remote server
Gambar oleh: ngaret.com
Cara pertama dan merupakan cara yang paling mudah digunakan yakni menggunakan akses aplikasi desktop. Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti putty ataupun bitvise untuk melakukan remote server kamu, baik melalui jaringan internet, intranet ataupun lokal.
Namun aplikasi putty terbatas hanya dapat melakukan remote melalui terminal, untuk melakukan remote server berbasis gui, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga lain seperti TightVNC, atau bisa menggunakan remote desktop yang tersedia default pada sistem operasi kamu (RDP misalnya).

Mobile access

mobile apps terminal remote server
Gambar oleh: ngaret.com

Kamu juga bisa melakukan remote server menggunakan aplikasi mobile melalui perangkat pintar (baca: smartphone), untuk melakukan hal ini, tentu saja kamu harus download terlebih dahulu aplikasi tersebut, misalnya melalui google playstore.

Web access

web console terminal access
Gambar oleh: ngaret.com

Cara terakhir dan cara yang cukup sederhana, tidak perlu download atau menginstal apapun (this, is why i love web apps). Kamu bisa menggunakan akses konsol (web apps terminal) pada penyedia server kamu. Misalnya saja pada penyedia layanan server digitalocean yang menyediakan access menggunakan web konsol.

Summary
Review Date
Reviewed Item
3 cara mudah mengakses server linux dan window
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 144 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *